Mahameru


Saya membeli novel besutan Qaris Tajudin ini di Gramedia Grand Indonesia bersamaan dengan buku resep jajanan pasar pesanan ibunya anak-anak. Saya berencana menulis resensinya begitu tamat membaca. Tapi hampir tiga bulan berlalu sudah, belum sempat juga. Memang selalu tersedia aral untuk segera mengerjakannya. Kesibukan kantor, membaca novel dari perpustakaan, menghubungi anak-anak, menjadi alasan paling ampuh untuk meminta pemakluman pada diri sendiri. Padahal kenyataannya kelayapan tanpa juntrungan, ngelamun dan membiarkan diri kosong melompong di depan layar laptop yang memutar film hasil ngunduh dari internet.

Tapi baiklah, perkenankan saya mengomentarinya secara garis besar. Secara keseluruhan ini novel yang enak dinikmati. Penulisnya piawai mendeskripsikan seting, karakter para tokoh dengan bahasa yang renyah tanpa mengurangi kedalaman. Detil, lincah, dan menyiratkan keluasan wawasan yang mengesankan. Alurnya mengalir dalam tempo cepat dan menyajikan ketegangan yang menghanyutan. Seperti film thriler. Konfliknya dibangun secara kuat.

Oya, novel ini merupakan adaptasi modern kisah cinta Rara Mendut dan Pranacitra. Jadi Anda akan menemukan Rara Mendut di sini dalam balutan celana jin ketat, naik sedan sport, dan bekerja dengan perangkat elektronik serba canggih.

Seperti novel pertama Qaris "Mahasati" (2007), Mahameru bergulir melalui sejumlah narator. Yang perlu dicatat, seluruh narator memiliki gaya penuturan yang seragam. Padahal setiap karakter sedekat apa pun latar belakang dan kultur mereka pasti memiliki keunikan masing-masing.

Semoga saya dapat membuat resensi dalam versi agak panjang.

Comments

Maulania Safira said…
Seperti kita tahu, tokoh Elang sama sekali tidak ada dalam kisah Rara mendut versi asli (yang berkembang dlm masyarakat). Dalam novel ini, melalui tokoh Elang dan setiting modern yang ia buat, penulis dengan sengaja merubah kesan cerita (bukan alurnya). Bagaimana tanggapan anda tentang hal ini?
#untukpenelitian
#thanksandsorrybefore

[book:Mahameru|12809085] [author:Qaris Tajudin|859349]