Menebar Inspirasi, Mencapai Kebahagiaan


Jemy V. Confido (kanan).

Judul di atas saya kutip dari buku Jemy V. Confido, seorang marketing PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Bukunya yang berjudul Greatness & Happiness yang diluncurkan awal Juni lalu di Gramedia Matraman memang ditujukan bagi mereka yang membutuhkan inspirasi guna mencapai kebahagiaan.

Jadi, buku yang ditulis pria Tasikmalaya, Jawa Barat, ini jenis buku motivasi. Buku-buku motivasi, waktu-waktu belakangan ini konon sedang booming. Siapa sih yang tidak pingin sukses, hidup sejahtera selama-lamanya? Maka semua orang pun berbondong-bondong menulis buku motivasi. Ada bermacam bentuknya, termasuk novel dan puisi.   

Tetapi, Jemy menolak bukunya disebut sebagai buku motivasi. Melalui tampikannya itu, Jemy seakan ingin mengatakan bahwa dirinya bukan bagian dari orang-orang yang berbondong menulis buku motivasi demi memburu materi. Menurut penjelasannya serta setelah saya baca beberapa bab buku bersampul coklat itu, memang berisi bukan semacam risalah dakwah yang minterin orang, melainkan kisah-kisah inspiratif dari tokoh-tokoh dengan aneka ragam latar belakang budaya, sejarah, dan profesi. Mulai dari tokoh politik sampai sufi.

Dengan kata lain, ini buku motivasi tapi ditulis dengan lembut dan tidak minteri. Di sini saya tidak akan mengutip kisah inspiratif dari buku tersebut. Apa boleh buat, saya tidak berminat pada buku motivasi. Dari ratusan buku (tidak sampai ratusan ding!) yang saya miliki, rasanya tidak ada buku motivasi. Ketidakminatan saya pada buku-buku motivasi lebih karena ketidaksengajaan saja, seperti saya tidak sengaja tidak menonton pertunjukan musik orkestra.

Saya datang ke acara peluncuran itu pun tidak sengaja, tapi lantaran tugas dari tempat saya bekerja untuk meliput acara itu. Jemy V. Convido adalah klien perusahaan. Nah, jadi saya cukup duduk manis sambil menikmati kopi dan cemilan yang disediakan panitia, dan tentu saja lirak lirik para tamu undangan yang kinclong-kinclong dan wangi. Prasangka buruk saya, mereka datang sekadar setor muka.

Saat ada sesi tanya jawab, saya tergelitik untuk bertanya dan mengungkap komentar saya atas buku yang dikatapengantari pakar marketing Hermawan Kartajaya. Eh, dasar rejeki, yang bertanya disediakan hadiah vocer jalan-jalan ke Atlantis, Taman Impian Jaya Ancol.  

Saya pulang dengan membawa kalimat yang entah berapa kali dilontarkan Jemy “Ini adalah kisah-kisah inspiratif dan menggugah,” dan “Jika saya memiliki waktu luang yang lebih banyak, saya ingin menuliskannya dalam bentuk novel.”

Catatan
Mungkin Anda memerlukan  informasi tentang isi buku ini sebelum pergi ke toko buku untuk membelinya. Baiklah, buku ini terbagi atas lima bagian. Masing-masing Determinasi, Pembelajaran, Strategi, Pencerahan, dan Kepemimpinan. Bagian pertama membahas tentang semangat dan cita-cita hidup seseorang. 

Bagian kedua, terkait dengan cara seseorang belajar dan menghadapi permasalahan. Bagian ketiga tentang strategi untuk mencapai tujuan. Bagian keempat dan terakhir adalah Pencerahan dan Kepemimpinan. Pencerahan memaparkan bagaimana seseorang kemudian menemukan siapa dirinya dan panggilan jiwanya. Sedangkan Kepimimpinan membahas bagaimana seseorang mampu menginspirasi lingkungan sekitarnya untuk hidup secara lebih baik guna mencapai kemuliaan dan kebahagiaan.

Antara bagian satu ke bagian lainnya saling terkait satu sama lain. Bahkan seperti tahapan yang tidak boleh dilompati. Tapi tentu, Anda dapat membaca buku dari bagian mana pun terlebih dulu sesuai minat. Atau tidak membacanya sama sekali.

Comments

Popular posts from this blog

Harga Buku Langka