Surga yang Terkubur



Model diperani Yoko

Sudah berapa lamakah usia spesies manusia di planet bumi ini? Apabila merujuk pada usia Adam, manusia pertama yang dipercaya dalam tradisi agama-agama semit, speises manusia menghuni bumi paling lama berkisar sejak  20.000 tahun yang lalu.  Jauh lebih muda dibanding usia bumi  sendiri. Manusia belum lagi lahir tatkala hewan-hewan raksasa seperti dinosaurus bergentayangan di bumi yang masih berupa rimba raya.

Buku Eden in The East karangan Stephen Oppenheimer, memaparkan suatu ketika, jauh sebelum Isa Al Masih, terdapat Benua Atlantis yang dihuni komunitas manusia yang memiliki peradaban maju. Benua yang juga pernah diisyaratkan keberadaannya oleh Plato itu, hancur oleh beberapa kali gempa yang diikuti banjir besar dan melalui zaman es. Konon, benua yang juga disebut sebagai surga lantaran keindahan alam, kemauan teknologi yang membentuk peradaban masyarakatnya, berada di Asia Tenggara. 

Pemaparan Oppenheimer terdengar meyakinkan berdasarkan disiplin ilmu yang dimilikinya. Menurut Oppenheimer  Asia Tenggara merupakan pusat inovasi setelah zaman es terakhir. Dari tempat inilah pembibitan ide-ide yang menjadi muasal dari serangkaian terobosan di tempat lain. Oppenheimer juga menggunakan beberapa kejadian yang tertulis di Kitab Kejadian sebagai salah satu sumber. Nah, tampaknya inilah yang membuat pemaparan Oppenheimer menyerupai fiksi. Entahlah, saya tidak kuat untuk melanjutkan membaca buku ini...

Comments